Jumat, 08 Mei 2015

makalah klasifikasi strategi pembelajaran




KLASIFIKASI STRATEGI PEMBELAJARAN
Kalsifikasi strategi pembelajaran adalah pengelompokan strategi pembelajaran berdasarkan segi-segi yang sejenis yang terdapat dalam setiap strategi pembelajaran.Pada umumnya,strategi pembelajaran dapat diklasifikasikan atas 5 sistem pembelajaran,antara lain adalah :
1.      Enquiry-discovery learning
Enquiry-discovery learning adalah belajar mencari dan menemukan sendiri.dalam pembelajaran ini menggunakan pendekatan pemecahan masalah.secara garis besar prosedur pandekatan ini adalah :
a.       Simulation
Guru mulai bertanya dengan mengajukan permasalahan,atau menyuruh siswa membaca atau mendengarkan uraian yang memuat permasalahan.
b.      Problem statement
Siswa diberi kesempatan mengidentifikasi berbagai permasalahan,kemudian memilih nya,permasalahan yang dipilihnya biasanya permasalahan yang menarik dan fleksibel untuk dipecahkan.selanjutnya dirumuskan dalam bentuk pernyataan atau hipotesis,yaitu pernyataan sementara.
c.       Data collection
Untuk menjawab benar tidaknya hipotesis itu,siswa diberi kesempatan untuk mengumpulkan berbagai informasi yang relevan,membaca literatur,mengamati objeck,wawancara dengan narasumber,mellakukan uji coba sendiri,dan sebagainya.
d.      Data processing
Semua data dan informasi diolah,diacak,diklasifikasikan,bahkan bila perlu dihitung dengan cara tertentu.
e.       Verification
Berdasarkan hasil pengolahan dan tafsiran data,pernyataan atau hipotesis yang telah dirumuskan di cek apakah terjawab atau tidak,apakah terbukti atau tidak.
f.       Generalization
Berdasarkan hasil verifikasi tersebut,siswa belajar menarik kesimpulan atau generalisasi tertentu.
2.      Expository learning
Dalam hal ini guru telah mempersiapkan materi secara rapi,dalam hal ini prosedurnya adalah :
a.       Preparasi
Guru mempersiapkan bahan selengkapnya secara sistematis dan rapi.
b.      Apersepsi
Guru bertanya atau memberikan uraian singkat untuk mengarahkan perhatian siswa kepada materi yang akan diajarkan.
c.       Presentasi
Guru menyajikan bahan dengan cara memberikan ceramah atau menyuruh siswa membaca bahan yang teah disiapkan dari buku teks tertentu atau yang ditulis guru sendiri.
d.      Resitasi
Guru bertanya dan siswa menjawab sesuai dengan bahan yang dipelajari atau siswa disuruh menyatakan kembali dengan kata-kata sendiri tentang pokok-pokok permasalahan yang telah dipelajari.
3.      Mastery learning
Mastery learning adalah  mengusahakan upaya-upaya yang dapat menghantarkan siswa kepada tercapainya penguasaan penuh.prosedur yang harus ditempuh adalah :
a.       Melakukan remedial
Yaitu kegiatan yang diberikan kepada siswa yang belum menguasai pelajaran yang telah dipelajari,dengan tujuan meningkatkan penguasaan siswa seperti mengganti metode pembelajaran, menyuruh, membaca buku dan tutor sebaya.
b.      Melakukan pengayaan
Pengayaan diberikan kepada siswa kelompok cepat agar memiliki pengetahuan dan keterampilan yang lebih kaya, dan lebih mendalami bahan pelajaran.
4.      Humanistic education
Humanistic education adalah upaya-upaya untuk membantu siswa agar dapat mencapai perwujudan dirinya sesuai dengan kemampuan dasar dan keunikan yang dimilikinya.cara pendekatannya masih bersifat enquiry- discovery based approaches.
           

DAFTAR PUSTAKA

Riyanto.  Yatim. 2012. Paradigma Baru Pembelajaran sebagai referensi bagi pendidik dalam
    implementasi pembelajaran yang efektif dan berkualitas. (Jakarta : kencana).
Sanjaya. Wina. 2011. Pembelajaran Dalam Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi.     (Jakarta : kencana)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar